Home > Windows > Install Windows Xp dengan USB FLASHDISK di Netbook

Install Windows Xp dengan USB FLASHDISK di Netbook


Haduhh … mungkin hari ini , hari yang cukup berat . ga berat-berat amat sih … cuma membingungkan .,- awalnya sih cuma masalah sepele , eh makin kesana makin ruwet … di tempat kerjaan ada Netbook Zyrex yang bermasalah ,😦 mau ga mau mesti di install ulang … masalahnya : Netbooknya engga ada DVD-ROMnya , sekalinya ada DVD-ROM external ga ke detect … huh pusing … !! tanpa pikir panjang cari solusi dengan USB FLASHDISK ,  bisa ga yah … !!  sambil searching-searching di google cari software buat booting iso windows ke USB Flashdisk … akhirnya ketemu juga . meskipun bingung … hehehehe … eh tak taunya cukup mudah …🙂 hehehehe

langkah – langkah dalam meng-install Windows Xp dengan USB Flashdisk …

Bila kedua software sudah didownload, lanjutkan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Siapkan cd installasi windows xp, atau file iso-nya jika belum punya file image(iso) silahkan lihat artikel membuat iso file dari cd/dvd windows xp.
  2. Masukkan/ Tancapkan flashdisk ke komputer, ingat !! sebelumnya backup data penting didalam flashdisk, lalu jalankan program HPUSBDisk.exe untuk memformat flashdisc. Lalu formatlah flashdisk dengan software HPUSBDisk.exe.
  3. Jalankan Flashboot 2.0b portable.exe.
  4. Setelah program terbuka, klik “Next“
  5. Muncul pilihan FlashBoot Main Menu, lalu klik menu CD -> USB FlashBoot Main Menu
  6. Kemudian pilih drive cd/dvroom yang sudah berisi Windows XP CD, atau pilih opsi “Image file” Jika ingin mengambil dari file iso yang sudah dibuat dengan program iso maker lalu klik Next. Pilih sumber file
  7. Setelah itu keluar pilihan skenario, pilih Convert Windows XP/2000 Installation CD lalu klik Next lagi.Convert Windos XP/2000 Installation CD
  8. Kemudian pilih drive Flashdisk, Selanjutnya klik Next lagi.
  9. Masukkan pada Volume label terserah, dan file system pilih FAT32, klik Next.Volume label
  10. Lalu klik tombol “Format Now” untuk memulai proses pembuatan Windows XP Flashdisk.
  11. Tunggu proses format dan copy file Windows sampai selesai, sampai muncul Complete successfully.Click OK to exit.

Setelah berhasil membuat Windows XP USB sekarang sudah siap digunakan untuk install komputer lewat USB, sebelumnya set bios PC agar boot dari USB Flashdisk. Untuk memastikan atau sekedar mencoba gunakan aja MobaliveCD untuk menguji Flazhdick. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

SELANJUTNYA MENGATUR BIOS DARI FLASHDISK

  1. Restart komputer,lalu Atur bios booting dari flashdisk.
  2. Tunggu sampai keluar jendela Flashboot wrapper for windows 2000/XP setup.
  3. Pilih Instal Windows. Jika keluar jendela “There are no usable partitions for Windows 2000/XP setup at the moment. Please create some DOS partitions first.” Itu berarti drive C: (yang akan diinstall windows) belum diformat ke system FAT/FAT32 dan partisi belum diaktifkan. Tekan tombol “ESC” untuk kembali ke menu sebelumnya.
  4. pilih “Edit partitions” untuk mulai menggunakan program FDISK. Lalu ketik Y dan tekan Enter pada jendela konfirmasi Fdisk.
  5. Pilih secara berurutan 1 -> 1 -> Y untuk mulai membuat partisi untuk windows.
  6. Sampai terbentuk partisi C: dengan system file FAT32, lalu tekan ESC. Kemudian pilih no. 2. Set Active partition untuk mengaktifkan drive C: yang sudah dibuat pada langkah 5. selanjutnya tekan tombol ESC lagi untuk kembali ke menu utama.
  7. Keluar dari program FDISK dan komputer akan direstart. Pastikan komputer di boot lagi dari flashdisk. Jika jendela Flashboot wrapper sudah muncul(seperti dilangkah no.2) sekarang pilih no. 2 . Install Windows lalu pilih disk C: tekan Enter untuk menginstall windows XP ke drive C:.
  8. Jawab Y jika ada warning untuk memformat drive C:. Tunggu system akan memformat drife C: lalu tekan Enter lagi.
  9. Kemudian akan keluar jendela Windows XP Home/Profesional Setup. Tunggu sampai 100 % system sedang menyalin file yang diperlukan ke harddisk.
  10. Jika proses copy file windows sudah selesai, program akan meminta restart. Sampai disini flashdisk sudah tidak diperlukan lagi, Tekan Enter lalu cabut Flashdisk dari computer agar komputer booting dari harddisk (Setting BIOS lagi jika pc gagal booting dari harddisk).
  11. Jangan lupa sebelum restart agar mencabut flashdisk hal ini mencegah boot ke flashdisk yang akan mengakibatkan proses kembali dari awal lagi. Setelah komputer restart dan booting dari harddisk, di monitor akan muncul jendela setup windows xp. Tekan Enter untuk mulai menginstall windows.
  12. Kemudian tekan tombol F8 pada jendela Windows XP Licensing Agreement.
  13. Lalu pilih drive C: dan tekan Enter.
  14. Pilih Convert the partition to NTFS (lebih disarankan), lalu tekan Enter. kemudian tekan C.
  15. Setelah itu tunggu proses instalasi windows XP sampai selesai. Sampai dilangkah ini, anda hanya tinggal mengikuti intruksi yang tampil dilayar monitor sampai finish.

Jika nanti windows minta restart lagi, restart saja dan booting sudah normal dari harddisk. Yang perlu diingat adalah booting dari flashdisk hanya untuk proses copy file ke harddisk. Setelah itu flahsdisk tidak diperlukan lagi (sampai langkah no. 10). Silahkan dicoba semoga berhasil.

sumbernya dari SINI

Categories: Windows
  1. purwatiwidiastuti
  2. January 17, 2011 at 8:44 pm

    thanks boy …

    keep blogging ..😀 hhe

    Like

  3. saprudin
    July 19, 2011 at 2:59 pm

    klu win 7 bisa tk..?

    Like

  4. asep
    August 9, 2011 at 10:43 am

    makasih bro atas saranya………….

    Like

  5. asepshow rajawali dari utara
    August 9, 2011 at 10:46 am

    makasih kawan….semua ini sangat berguna buat saya………..

    Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: